UBAH KTP dan KK yang SALAH DATA

Assalamu'alaikum..
Heem.. mungkin lu yang baca ini lagi bingung gimana sih cara atau tahap kalo mau ubah dokumen data diri yang bermasalah... yups itu juga pengalaman gw Oktober 2017 maren.

Sebenernya gw dah tau lama kalo KTP en KK gw bermasalah, cuma yaa.. gw cuek aja berhubung gw juga belum butuh buat bikin apa-apa kan. Tapi karena tiba-tiba gw butuh buat bikin pasport ya... mau gak mau gw harus gerak cepet. So... buat kalian yang masih ada waktu luang, buruan deh urus sebelum lu kelimpungan sendiri nanti kalo tiba-tiba butuh kaya gw πŸ˜₯.

Hal pertama yang gw lakuin itu nyatronin rumah pak RT buat minta surat pengantar (tunjukin mana-mana data yang salah), dan di hari yang sama gw langsung ke rumah pak RW buat minta stempel di surat pengantar yang udah di bikin RT tadi.

Besoknya gw langsung ke kelurahan yang kebetulan cuma sebelah gang rumah gw. Pas gw masuk itu suasananya gak rame, cuma ada beberapa yang lagi nunggu. 
Berkas yang perlu di bawa:
- Fotocopy KTP
- Fotocopy KK
- Fotocopy akte lahir
- Surat pengantar RT & RW

skip skip.. langsung gw kasi tau keperluan gw apa ke petugasnya dan tinggal sebutin apa yang mau di rubah. Just it.. gak ada yang namanya di suru isi form segala macem. Gw disuruh dateng dua jam kemudian karna operatornya lagi gak ada, πŸ˜ͺ nah loh kemana ntuh operator. Berhubung rumah gw deket ya gw bagenin dah tuh bolak-balik. Jam satu lewat gw balik ke kelurahan en petugasnya baru pada kelar istirahat πŸ˜₯. Ternyata berkas pengantar gw dah beres dan langsung gw bawa pulang.

Hari ke 3 gw ke kecamatan. Ujug-ujug langsung ke meja petugas terus bilang perlunya apa dan berkas gw diperiksa. 
Berkas yang perlu dibawa:
- Semua berkas yang tadi di kembaliin dari kelurahan (jangan lupa juga surat pengantar dari kelurahan)
- KTP & KK asli (buat jaga-jaga)

Nama gw dicatet di buku gitu terus berkas gw di streples en dikasihlah gw nomor antrian. Sambil nunggu clingak-clinguk merhatiin orang-orang pada mondar-mandir, di sebelah gw duduk ada kayak meja tempat teh dan permen gitu free buat yang nunggu πŸ˜€ manthaaap. Di kecamatan ni suasananya lebih rame dari di Kelurahan, kursi tunggu yang disediain juga lebih banyak.. buktinya gw masih bisa kebagian duduk walaupun gw dateng rada siang 😁. 
Nunggu lumayan lama juga sik buat dipanggil en akhirnya sampailah pada nama gw. Petugasnya nyuru gw masuk ruangan gitu, di dalem ada beberapa meja pegawai.. ini ruangan yang sama buat perekaman KTP. Gw bawa berkas gw ke petugas yang lagi nganggur 😁. Ni petugas nunduk bae sambil tangannya megangin kepala kaya berat bener beban idupnye. Gw tegorlah dy "pak..?" gak ada jawaban.. "pak..?" akhirnya dia ngangkat kepalanya dan astagaa dragon.... dia keturunan klan Uciha πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜…... Matanya merah banget gitu kaya orang ngantuk πŸ˜…πŸ˜…. Yaudahlah mang gw pikirin, langsung aj gw bilang gw mau ubah data ini dan itu dan gw serahin berkas gw ke si bapak. Diterima dan langsung diproses.. walaupun si bapaknya ini rada ngocol yak.. tapi mah bodo amat dah gw males nyeritainnya.. siiiing😟. 
Karna gw punya udah KTP elektronik jadi ya udah aja gak perlu rekam KTP lagi, tapi ternyata katanya blankonya kosong dan gw cuma di kasih selembar surat pengganti KTP yang cuma berlaku 6 bulan 😧 menyebalkan. KK gw??? itu gak bisa yang langsung jadi, gw fikir gw bisa langsung ke DISDUKCAPIL Bekasi buat ngelarin si KK ini, tapi ternyata sistemnya sekarang beda. KK gw ditampung dulu di Kecamatan dan nantinya bakal di anter ke DISDUKCAPIL. Selesai sudah urusan gw di dalem dan gw keluar buat nyerahin fotocopyan KK dan berkas-berkas laen ke petugas yang ngasi nomor antrian tadi. Gw di kasih surat terima berkas dan di situ tertulis 3 minggu lagi berkasnya bakal di kirim ke rumah 😧 lamaaaanya.

Komentar

Postingan Populer